Buat almarhum bapak tercinta


Halo pak, mungkin bapak udah gak bisa baca surat ini lagi di dunia tapi gue yakin surat ini akan disampaikan ke bapak di akhirat.
Kepergian bapak begitu mendadak sampai ga ada yang nyangka bahkan bikin hampir semua orang kaget, “kematian yang cepat, dan ga nyusahin orang” kata bapak dulu kalau ngomong tentang kematian. Bapak selalu pingin meninggal tanpa sakit lama atau dirawat lama tanpa berdaya di rumah sakit, walaupun bapak pernah kena serangan stroke beberapa tahun yang lalu tapi bapak bisa bertahan dan menikmati hidup selama lima tahun tanpa dirawat lagi di rumah sakit. Bapak meninggal saat dengan orang orang yang bapak cintai selama hidup walaupun tanpa ada anak anak di saat terakhir, proses kematian yang cepat (dibawah sejam) dan tanpa kesakitan yang amat sangat membuktikan bapak adalah orang yang baik dan Tuhan sayang sama bapak.
Pak, mungkin selama bapak hidup, gue ga pernah bilang betapa bangga dan bersyukurnya gue jadi anak bapak, tapi gue selalu berdoa untuk bapak (ibu juga pastinya), berdoa untuk kesehatan bapak, kebahagiaan, dan tempat yang terbaik buat bapak kalau Allah memanggil. Gue sering banget nulis bapak adalah panutan gue selalu, dan itu benar. Bapak akan selalu jadi role model gue baik sebagai orang tua, teman, maupun manusia biasa. Gue jarang banget nemu orang yang berpola pikir seperti bapak di negara ini, orang yang sangat open minded dan mau mendobrak tradisi kuno yang menurut bapak gak perlu.
Gue sangat mengagumi kepintaran bapak, bapak bisa memprediksi omongan dan tingkah laku seseorang beberapa langkah sebelumnya, bapak berpikir ga cuman untuk hari ini aja tapi udah jauuuh kedepan, bahkan gue masih inget bapak sebelum stroke bilang “harusnya gue udah pensiun (saat itu usia bapak 55 tahun dan diaturan tentara lama usia pensiun perwira 55) pas lo lulus kuliah dek”, dari omongan itu gue tau bapak adalah seorang yang sangat sangat visioner, bahkan sudah menyiapkan semuanya dari awal. Kepintaran bapak diakui oleh banyak teman bapak, sehingga membuat gue yakin kalau bapak beneran pinter bukan cuman omong kosong seperti orang lain yang suka bilang dirinya pinter tapi orang lain ga sependapat. Satu lagi yang gue dapat dari kepintaran bapak adalah saat itu gue lagi pesimis sama masa depan gue, bapak memberi analogi dengan gampang yaitu melihat air di dalam gelas yang airnya setengah, bapak nanya “dek, air ini masih setengah atau tinggal setengah?”, “tinggal setengah pak”, “kata yang lo pilih mengambarkan karakter lo, saat lo bilang “tinggal” setengah berarti lo cuman ngeliat masa lalu dari air itu, sedangkan kalau pilihannya “masih” setengah berarti lo ngeliat masa depan dari air itu, karena lo berpikir kalau lo masih punya persediaan air setidaknya untuk melepas haus lo kedepan. Semua tergantung mindset lo, suatu hal akan berbeda jika kita lihat dari sudut pandang berbeda beda juga, pilihan lo mau jadi orang yang optimis apa pesimis”. Itu percakapan yang ga akan gue lupa pak, gue sangat amaze dengan cara bapak berpikir. Sangat modern untuk generasi bapak. Dan bapak bukan tipe yang segan berdiskusi atau gengsi meminta saran dari anaknya, bahkan saat bapak diminta bikin draft blue print program om moeldoko saat jadi Kasad, bapak mau berdiskusi sama mahasiswa yang bahkan belum lulus S1 saat itu.
Dari semuanya, gue paling kagum sama kebaikan bapak ke orang lain. Bapak selalu ngajarin gue “bantu orang, nanti kita juga bakal dipermudah oleh yang punya alam semesta ini. jangan harap timbal balik dari orang yang kita bantu, tapi percaya kalau Tuhan akan bantu kita juga kalau kita bantu umatnya”, dan gue ngerasain sendiri apa yang bapak omongin, despite gue juga pernah stuck dalam hidup, tapi hidup gue relatif lancar kalau dipikir, itu semua karena gue udh dibiasakan membantu orang sama bapak. Kebaikan bapak ke orang lain, berdampak positif untuk keluarganya, gue ngerasa banget saat ke malang atau ke surabaya, gue selalu dijamu oleh mantan anggota bapak yang dengan senang hati membantu gue, peduli ama gue, padahal saat itu bapak lagi ga ngejabat di posisi penting atau bukan atasan langsung mereka. Mereka semua kayak gitu karena kebaikan bapak membekas dihati mereka, kalau ga mana mau mereka berbuat kayak gitu. Gue paling ngerasa bapak orang baik adalah saat bapak meninggal kemarin banyak sekali yang ngelayat, banyak sekali karangan bunga, makanan, bantuan yang mengalir ke keluarga. Gue sampe mengubah keinginan gue, gue juga pengen kalau waktu nya udah tiba buat Allah manggil gue ketemu-Nya, gue pengen meninggal dengan tenang, cepat dan tidak menyusahkan orang kayak bapak, dan berharap juga banyak mengantar ke liang lahat. Nilai nilai hidup yang bapak ajarin dulu, bakal gue terusin pak buat anak anak gue nantinya, jaman boleh berganti tapi nilai moral dan nilai nilai kehidupan ga akan berubah.
Pak, sebetulnya gue pengen banget bapak bisa ada saat gue jadi orang tua, karena gue butuh teman diskusi dan nasihat dari bapak sebagai orang tua bagaimana mendidik anak, biar anak gue bisa menjadi orang yang bertanggung jawab atas hidupnya dan memberikan manfaat ke orang banyak seperti yang bapak ajarin ke gue dulu. Jujur, gue takut pak, takut ga bisa ngedidik anak dengan baik sehingga anak gue tidak menjadi orang yang baik, gue melihat sendiri bagaimana hasil anak yang tidak di didik dengan baik oleh orang tuanya khususnya bapaknya. Gue masih inget dulu pernah nanya ini ke bapak, gue bilang gue takut klo anak gue jadi anak yang ga baik, tapi bapak bilang “tenang aja, anak lo kan ngewarisin sifat dari lo, makanya ga bakal jauh sifatnya dari lo.” Kalimat itu terngiang terus pak sampe sekarang walaupun udah lebih dari enam tahun sejak diskusi itu. Tapi gue ga bisa ngelawan takdir Allah, bapak udah dipanggil oleh Allah. Gue sekarang cuman bisa berdoa dan berharap bapak dari Surga-Nya bisa ngelihat dan ikut membimbing secara intuisi kebapakan ke gue sehingga gue bisa kuat dan mendidik anak anak gue dengan baik.
Gue kangen pak, Yang baik baik ya di sana, Gue yakin bapak udah ada di tempat yang terbaik...
Sampai bertemu di surganya Allah...



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pandangan orang luar negeri terhadap Indonesia

tak kerasa