Pandangan orang luar negeri terhadap Indonesia

Indonesia, sebuah negara kepulauan yang terletak di benua Asia yang mempunyai keindahan yang tidak terhitung baik dari keindahan alam hingga keindahan manusia-manusia yang tinggal di dalamnya. Sebagai sebuah bagian dari dunia yang makin menglobal maka Indonesia tentu akan disinggahi oleh orang-orang yang berasal dari luar Indonesia atau ekspatriat untuk wisata, bisnis ataupun hanya mencari istri di penyaluran jasa pembantu (bule kan suka perempuan yang (maaf) agak kurang bagus menurut kita).

Tidak sedikit ekspatriat yang betah tinggal di Indonesia bahkan lebih memilih untuk tinggal di Indonesia dibanding kembali ke negaranya, tapi tidak sedikit juga ekspatriat yang benar-benar gak tahan tinggal di Indonesia, baik yang suka dan tidak suka dengan Indonesia memiliki alasan yang kuat dibelakangnya. alasan itulah yang menurut saya menarik untuk diketahui karena terkadang orang dari Indonesia sendiri tidak bisa menilai dengan baik tentang negaranya sendiri.

menurut saya pandangan dari ekspat terhadap Indonesia adalah penting, karena dari mereka kita bisa mengetahui bagaimana citra Indonesia di mata internasional (walaupun terkadang ada orang luar yang tidak tahu Indonesia itu apa, dan banyak juga yang mengira indonesia dengan india adalah negara yang sama). kelebihan dan kekurangan orang Indonesia akan terlihat dengan jelas dari pendapat ekspat karena mereka membandingkan negara mereka, tentu saya tahu bahwa setiap negara memiliki budaya dan norma-norma yang berbeda, maka dari itu, semakin banyak kita mengetahui pendapat ekspat dari negara yang berbeda akan semakin baik karena akan memunculkan sebuah kesamaan diantara pendapat-pendapat tersebut, selain itu dengan banyak nya perspektif kita bisa melihat Indonesia dari berbagai sudut pandang yang mungkin saja belum pernah terpikir oleh kita. misalnya ada beberapa orang luar yang mempunyai kesamaan pendapat bahwa orang Indonesia (sebagian besar) sangat suka terlambat atau "ngaret" dalam bahasa kita sehari-hari namun mereka juga sepakat orang indonesia (sebagian besar) adalah orang ramah dan "hangat" (klo gak percaya, survei aja sendiri).

Ada satu buku yang menarik yang saya beli beberapa minggu yang lalu, buku itu berjudul "kangen Indonesia", buku tersebut berisikan testimoni orang Jepang yang telah lama tinggal di Indonesia terhadap negara dan bangsa Indonesia. meskipun dalam buku tersebut banyak menyebutkan kekurangan orang Indonesia dari perspektif dia tapi dia tetap cinta terhadap Indonesia dan menganggap Indonesia adalah kampung kedua dia. 





mengetahui kekurangan dan kelebihan negara kita atau bangsa sendiri adalah penting, seperti yang dibilang oleh sunzhu (ahli perang asal China) yaitu "kenali dirimu terlebih dahulu, baru kenali musuhmu".tanpa mengetahui kekurangan dan kelebihan maka kita tidak akan bisa bergerak untuk berubah menjadi lebih baik, perspektif orang lain diperlukan karena terkadang kita tidak bisa menilai diri kita sendiri kan? seperti kita minta orang untuk menilai penampilan kita atau sifat kita sehari-hari yang tidak bisa kita lihat, oleh karena itu, pendapat dari ekspat tentang Indonesia menjadi penting. terkadang saat kita mendengar testimoni dari ekspat kita akan lebih bangga menjadi orang Indonesia namun terkadang juga kita malu mendengar testimoni ekspat karena testimoni yang memalukan, kenyataan emang pahit tapi mau gak mau harus terima kan?

kemampuan analisa kita juga diperlukan saat mendengarkan testimoni ekspat, karena ada beberapa kekurangan bangsa indonesia dari perspektif dia yang salah atau tidak bisa diubah, selain itu kalau kita "mentah-mentah" memakan testimoni ekspat maka apa bedanya kita dengan anak TK yang percaya dengan informasi orang tuanya tanpa pernah tau informasi itu benar atau salah (kalau anak TK ada yang menanyakan pertanyaan sulit ke orangtuanya, maka orang tua nya akan menjawab dengan asalan-asalan karena mereka pun tak tahu jawabannya tapi karena gengsi sebagai orang tua, mereka tetap harus bisa menjawab, dan ironisnya anak tersebut percaya saja bahkan terkadang sampai anak tersebut telah besar pun msh dipercaya informasi sesat tersebut).

perubahan di Indonesia adalah penting dan mendesak, apabila tidak maka kita akan tergilas oleh kemajuan negara lain bahkan akan tergilas oleh kemajuan negara tetangga kita yang mengaku serumpun tapi suka nyari masalah terus sama Indonesia. saya yakin bahwa kemajuan negara tidak hanya dilihat dari tingkat pertumbuhan ekonomi saja namun juga harus ada kemajuan disektor sosial dan budaya, percuma negara kita pertumbuhan ekonominya tinggi kalau masyarakatnya masih terbelakang dan "primitif". saya bermimpi Indonesia bisa menjadi sebuah negara yang berperan penting di dunia tidak hanya menjadi negara ketiga yang selalu diremehkan negara lain. oleh karena itu mari kita bangun negara kita berdasarkan pendapat ekspat yang telah dianalisis dari perspektif dan budaya kita :)


Komentar

  1. semangat memajukan indonesia dimulai dengan mencintai indonesia itu sendiri :)
    mungkin ini sudah sangat terlambat bagi indonesia, tapi saya yakin, banyak rakyat indonesia yg kini sudah mau berubah :) tdk lagi ngeyel, tdk lg ngotot, atau semacamnya
    tidak perlu menjadi negara lain, hanya perlu menjadi 'Indonesia asli' itu sendiri :) indonesia asli di jaman dulu dengan segala budaya baiknya
    saya juga ingin...bisa membawa indonesia untuk maju...tpi saya sadar itu akan sangat sulit :) tpi..saya usahakan saya tdk akan lelah! saya akan merubah pribadi saya! pribadi yg mmpu membawa indonesia maju!
    saya suka artikel ini dan terima kasih :)
    saatnya untuk berjuang demi 'merdeka yang sesungguhnya'!

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

tak kerasa

Buat almarhum bapak tercinta